Jumat, 09 Desember 2016

KOPI 1001 asli kota Bengkulu



Kopi 1001 adalah salah satu merk kopi yang cukup terkenal di kota Bengkulu.Kopi ini mempunyai slogan “SERIBU kali coba, SERIBU kali suka”. Usaha kopi ini didirikan oleh Bapak Thompson Sirait pada tahun 1985. Usaha kopi ini beralamat di Jalan Danau Dendam Tak Sudah. Usaha ini sendiri berasal dari kecintaan pak Thompson Sirait dari kecil terhadap minuman kopi. Nama 1001 berasal dari pemberian kakek pemilik yang bernama Heri Untung. Kopi 1001 ini hanya menggunakan kopi jenis Robusta bukan kopi Arabica. Pemilihan kopi robusta ini dikarenakan rasanya pahit yang teryata lebih disukai oleh penggemar kopi di Bengkulu. Sedangkan kopi Arabica baunya lebih wangi, cenderung asam dan lebih mahal sehingga lebih sering diexport .  Bahan baku kopinya didapat dari petani kopi yang berada di daerah Kepahyang dan Curup.Kopi yang akan diolah harus kering dan bersih untuk menjamin kualitas rasa. Cara pembuatan kopi 1001 ini cukup mudah yaitu kopi yang sudah kering disangrai selama lebih kurang satu jam. Selanjutnya kopi yang sudah disangrai harus digiling. Kopi sudah digiling selanjutnya memasuki tahap pengemasan menggunakan mesin pengemas. Dalam sehari, usaha kopi ini bisa menghasilkan 100 kg kopi yang siap konsumsi. Kopi 1001 tersedia dalam kemasan 50 gram, 100 gram, 150 gram. 1 kilonya sendiri dihargai Rp. 50.000 . Kopi 1001 tahan sampai 2 tahun.  Per 1 kg pak Thompson mendapatkan untung 10%. Selama mempunyai usaha kopi ini pak Thompson juga beberapa kali mendapat kali mendapatkan komplain dari pelanggan. Yang paling sering dipermasalahkan  adalah rasa kopi yang berubah. Hal ini mungkin terjadi karena tercampur bahan lain saat pengolahan. Setelah masalah ditemukan dan dan di selesaikan, maka pelanggan yang komplain harus didatangi dan diyakinkan kembali sehingga tetap jadi pelanggan. Kopi 1001 hanya tersedia dalam satu rasa yaitu rasa original. Hal ini dikarenakan modal usaha. Semakin banyak jenis rasa maka modal yang dikeluarkan juga besar. Usaha pak Thompson ini mempekerjakan 8 orang, sehingga masih dikategorikan usaha rumahan/kecil menengah.
Ini contoh produk 1001 yang 100 gram

Ketika berkunjung ke pabrik kopi 1001

28 komentar:

  1. Min mau nanya,ini lokasi pabriknya dimana ya ? Makasih min

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Selamat siang min, bisa gak mintak alamat lengkap Pabriknya ?
    terimakasih

    BalasHapus
  4. Boleh ngga nih liat2 ke pabriknya?

    BalasHapus
  5. nggak jauh dari smpang 3 brimob ke arah danau dendam. nggak jauh dari sana tanya sama warga sekitar banyak kok yg tau. pabriknya masuk gang pertama sblah kiri dari arah brimob, saya lupa naman gangnya apa. thanks

    BalasHapus
  6. boleh lihat k dlm pabrik. tp no camera

    BalasHapus
  7. min mau nanya, kalo mau berkunjung kesana harus pake surat dulu ya ?
    terimakasih

    BalasHapus
  8. Beli kopi di pabriknya apakah bisa lebih murah?

    BalasHapus
  9. Pabriknya terima anak magang nggk?

    BalasHapus
  10. Saya kurang tahu. Sebaik langsung ditanyakan ke pengelolanya kak.

    BalasHapus
  11. Min mau tanyak.
    kita mau bukak grosir coffe 1001 di rohil, kira2 bisa tidak.
    terimah kasih

    BalasHapus
  12. Min saya dari Curup,saya baru bukak penggilingan kopi,bisa gak saya jual beras kopi langsung ke pabrik?

    BalasHapus
  13. langsunq ke pabrik aja gak ppa ya banq. saya dri lebong. saya saya beli biji kopi dri petani lanqsunq. klo saya mau antr bras kopi ke sana bsa gak ya banq.

    BalasHapus
  14. Apakah kemasan yg warna beda memang asli dr pabrik atau kopi 1001 produsen lain? Tks

    BalasHapus
  15. Min ada lowongan ngak di pabrik kopi 1001 saya mau kerja di sana min kalau ada lowongan biar tau cara nya membuat kopi yang enak karna saya mau bikin pabrik kopi juga min biar kopi 1001 yg kita sukai dan cintai ini ada rivalnya di bengkulu,thanks min πŸ™πŸ™πŸ˜‡

    BalasHapus
  16. Min ada lowongan ngak min lagi butuh kerja apa aja min

    BalasHapus
  17. Siang bos, kalau mau jadi distributor kopi 1001 wilayah Kalimantan , apa syaratnya dan DPnya berapa?

    BalasHapus
  18. Min saya ngapas pakai mobil bok,rencananya saya mau masukan kesumbar,saya dari pdg bisangak

    BalasHapus
  19. Apa membuka lowongan di sana min.?

    BalasHapus